Minggu, 30 Juli 2017

INCINERATOR INSINERATOR SPAC SERI 2





Part Incinerator
1. Ruang Bakar - Chamber
Ruang Bakar adalah tempat benda yang akan dibakar yang dilengkapi dengan alat pembakar (Burner). Temperature diruang bakar pertama sekitar 400 derajat sampai 1000 derajat celcius. Temperature diruang bakar kedua sekitar 1000 – 1200 derajat celcius. Temperature ruang bakar juga dipengaruhi dari kalori yang dibakar. Untuk menaikkan temperature ruang bakar bisa ditambah bahan yang berkalori tinggi seperti orang batok kelapa. Waktu tinggal (residence time) gas diruang bakar kedua sekitar minimum dua detik.
2. Burner (Alat Pembakar)
Untuk membakar sampah perlu alat pembakar yang disebut juga burner. Bermacam-macam jenis burner ada yang berbahan bakar gas, minyak tanah, gasoline, solar, HSD dan lain-lain. Sebelum membuat incinerator sebaiknya di cek dulu bahan bakar burner yang tersedia. Incinerator yang kami buat dilengkapi dengan  3 burner.
3. Blower Udara
Dalam proses pembakaran diruang bakar memerlukan panas/api, bahan yang dibakar dan udara yang cukup.
Blower udara atau penggerak udara ukurannya disesuaikan dengan kapasitas dari incinerator.
4. Bahan yang dibakar
Bahan yang dibakar diruang bakar berbagai macam, untuk itu perlu diseleksi bahan apa saja yang bisa dibakar. Tidak semua bahan bakar dapat dibakar, ada benda yang dibakar menimbulkan gas/asap yang mencemari lingkungan. Misalnya plastik PVC bila dibakar pada temperature tertentu akan mengeluarkan dioxin atau furan yang karsinogen pada kesehatan. Jadi jika ingin membakar maka benda/bahan yang harus dibakar harus dipilah-pilah.
5. Temperature Indikator dan Kontrol
Dalam proses pembakaran didalam incinerator, temperature harus dikontrol. Disetiap temperature sensor dipasang disetiap ruang bakar yang dihubungkan ke panel kontrol
6. Scrubber
Water Scrubber adalah peralatan pencegahan pencemaran udara dengan menggunakan water spray terhadap gas sebelum masuk ke cerobong asap (Stack/Chimney). Didalam water scrubber ini gas yang masih mengandung debu, jelaga, particulate dan padatan lainnya terjebak diair sehingga gas yang keluar aman terhadap lingkungan sekitar. Water scrubber memerlukan air dengan tekanan tertentu oleh pompa air. Sumber air harus tersedia dan cukup untuk digunakan. Air akan selalu berkurang karena menguap oleh gas yang panas.
Cerobong
Cerobong di design harus lebih tinggi dari bangunan sekitar atau sekitar 14 meter tingginya dari tanah tertinggi dari pemukiman.
Bahan cerobong terbuat dari besi atau stainless steel tergantung pesanan. cerobong dilengkapi dengan nozzele untuk pengambilan gas.
Bangunan Pelindung
Incinerator berikut sampah yang mau dibakar dan sesudah dibakar biasanya dilengkapi bangunan pelindung supaya tidak kehujanan juga tidak diganggun oleh binatang, bangunan pelindung dapat disediakan oleh pembeli atau dipesan kepada kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar